Latihan Fotografi Pramuka ITS

Dalam rangka memperingati hari Tunas pada tanggal 9 Maret 2014 Racana Putri Sepuluh Nopember mengadakan kegiatan fotografi. Kegiatan ini memang khusus untuk yang putri tapi kami mengundang Kakak-kakak Racana putra yang bersedia. Pukul 14.00 WIB kami langsung berangkat menuju ke lokasi yang dijadikan tempat pemberian materi. Kak Lita, selaku pembina putri sekaligus KaGudep putri mendampingi kegiatan ini dengan mengajak putra semata wayangnya, Lukman. Saya, Kak Alin, Kak Mardiana, Iqbal, Kak Lita, dan Lukman menuju ke Jembatan Jurusan Statistika dengan naik motor untuk mempercepat waktu.

Sampai di tempat, ternyata pematerinya sudah menunggu di sana. Sebelumnya kami kira beliau akan mampir ke sanggar ternyata langsung ke lokasi. Materi dimulai di bawah pohon yang rindang, di ujung jembatan, dan cuaca saat itu sedang mendung. Kak Ghoz, beliau pemateri kegiatan ini sekaligus suami dari Kak Lita. Kemudian hadirlah Kak Aan dengan sepeda lipat dan kamera Nikon kesayangannya. Pengenalan mengenai dasar-dasar fotografi hingga teknik-tekniknya.

Gambar

Tiba-tiba hujan turun dengan deras dan angin yang kencang  sehingga terpaksa kami mencari tempat yang lebih nyaman untuk berteduh. Kami berteduh di selasar jurusan Matematika. Materi fotografi tetap dilanjutkan, Kak Ghoz menunjukkan teknik fotografi pada sebuah buku yang saya lupa terbitan mana. Didalam buku tersebut terdapat bermacam-macam foto dengan teknik yang berbeda-beda.

Hujan sudah mulai reda, masih menyisakan titik gerimis. Selepas hujan merupakan momen yang tepat untuk hunting foto. Pemandangan di jembatan saat itu begitu indah. Aku meminjam pocket kak Lita, sedangkan yang lain meminjam kamera Kak Ghoz. Adapun objek-objek yang jadi sasaran adalah bunga, hewan, hingga salah satu anggota menawarkan diri jadi modelnya. Kak Alin, salah satu anggota putri keturunan tionghoa yang cantik ini bergaya bak artis shampo.

Gambar

Kakak-kakak peserta latihan fotografi sangat antusias, apalagi kegiatan yang berbau foto pasti akan lebih semangat, contohnya kak Mardiana yang suka sekali di foto dan Kak Iqbal yang suka memfoto. Kak Ghoz pun tak mau kalah, hasil jepretannya sangat bagus-bagus. Karena waktu sudah agak sore maka hunting fotonya dihentikan, hasil jepretan Kakak-kakak dikumpulkan lalu di nilai dan di komentari oleh Kak Ghoz siapa yang paling bagus akan mendapat hadiah spesial.

“Static and Dynamic” judul foto hasil jepretan Kak Alin adalah yang menang, Kak Alin mendapat hadiah souvenir cantik yang diperoleh Kak Lita waktu di Inggris. Bagi yang tidak menang tetap dapat souvenir dari Kak Alin yang dibelinya dari Makassar. Hari itu sangat menyenangkan bagi kami, kami sangat puas dan berharap ada latihan seperti ini lagi. Di akhir kegiatan Kak Lita meminta kami untuk menuliskan harapan dan kesan di kertas kecil lalu di tempel di kertas HVS.

Terimakasih kak Ghoz dan Kak Lita……………..

Berikut foto-foto dokumentasi kegiatan fotografi yang lainnya.Gambar

GambarGambar

 

 

 

 

 

 

Iklan

2 thoughts on “Latihan Fotografi Pramuka ITS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s