Muhasabah diri dalam menyambut Ramadhan 1435

 

Gambar

Waktu terasa cepat berlalu. Alhamdulillah, tidak terasa kita sudah memasuki awal bulan Sya’ban yang selangkah lagi akan dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan yang sangat digemari Rasulullah untuk berpuasa. Diriwayatkan dari Aisyah r.a, berkata; “Saya tidak melihat Rasulullah SAW berpuasa lengkap sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan. Dan saya tidak melihat yang banyak dipuasani Rasulullah SAW kecuali di bulan Sya’ban”. (HR. Bukhari- Muslim).

Diriwayatkan pula dari Aisyah r.a berkata bahwa; “Di antara bulan-bulan yang sangat dicintai Nabi dalam melakukan puasa adalah di bulan Sya’ban, lalu menyambungkannya dengan bulan Ramadhan”. (HR. Abu Dawud).

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmat, dan maghfirah, seperti yang disampaikan Rasulullah SAW: “Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah, rahmat, dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakanNya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah.”

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyambut datangnya bulan ramadhan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Apakah cukup dengan persiapan fisik yang nantinya akan terforsir selama berpuasa, atau menyiapkan bekal keperluan selama satu bulan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan lagi selain yang disebutkan sebelumnya. Salah satunya adalah dengan muhasabah atau biasa disebut introspeksi diri.

Muhasabah diri merupakan sarana mengevaluasi diri untuk mengetahui kelemahan-kelemahan beserta kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Muhasabah sangat penting untuk memposisikan diri, apa yang seharusnya dilakukan guna meningkatkan kualitas diri agar menjadi lebih baik kedepannya.

Alangkah baiknya jika setiap muslim menyambut ramadhan dengan mengingat amal dan dosa yang telah dilakukan selama setahun ini, apakah ramadhan tahun sebelumnya telah memberikan kebaikan-kebaikan berarti atau justru sebaliknya. Dengan hal demikian diharapkan setiap muslim memiliki tekad atau upaya untuk memanfaatkan bulan Ramadhan yang akan datang dengan sebaik mungkin. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai manusia merupakan tempatnya salah dan dosa, tanpa kita sadari di setiap waktu bahkan setiap detik kita melakukan salah yang disengaja maupun tidak.

Ada beberapa aspek yang perlu kita evaluasi dan dibenahi yaitu mulai dari ibadah. Telah disebutkan dalam Q.S. Adz-Dzaariyaat : 56 bahwa tujuan kita diciptakan Allah di dunia ini semata-mata untuk beribadah kepada-Nya. Apakah amalan yang kita perbuat selama ini sudah benar-benar niatan karena Allah Ta’ala ataukah masih karena tujuan lain.

Aspek selanjutnya adalah mengenai hubungan sosial terhadap sesama makhluk ciptaan Allah. Mengapa hubungan sosial perlu kita evaluasi, karena tidak bisa dihindari setiap hari kita berinteraksi dengan manusia. Bisa jadi dalam berinteraksi kita melakukan dosa-dosa kecil yang tidak disadari. Mungkin saat bergurau ada kata-kata yang menyakiti lawan bicara atau justru kita sendiri yang merasa tersakiti akibat ucapan orang lain.

Dalam sebuah riwayat, Umar bin Khatab r.a. : “Hisablah (evaluasilah) diri kalian sebelum kalian dihisab, dan berhiaslah (bersiaplah) kalian untuk hari aradh akbar (yaumul hisab). Dan bahwasanya hisab itu akan menjadi ringan pada hari kiamat bagi orang yang menghisab (evaluasi) dirinya di dunia”. Semoga dengan muhasabah kita benar-benar siap menghadapi bulan suci dengan hati yang bersih dan dapat meringankan hisab di yaumul akhir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s